February 26, 2014

CARA MENGIRIMKAN ENTRI PESERTA BATTLE OF REALMS 4: AFTERLIFE

Dalam pelaksanaannya, Battle of Realms 4: Afterlife memang agak berbeda dengan ketiga season pendahulunya, terutama dalam hal media yang dipakai dalam prosesnya. Bila ketiga season terdahulu memanfaatkan situs kepenulisan Kemudian untuk meng-handle proses seperti mendaftarkan character sheets, memasukkan cerita versi peserta, dan pengumuman ronde dari Panitia, maka pada Battle of Realms 4: Afterlife akan menggunakan media blog. Blog yang sedang kamu semua liat saat ini.

Facebook tetap digunakan, terutama fitur fanpage dan group. Fanpage akan sangat berguna untuk menjaga para peserta agar selalu update dengan berita terbaru seputar Battle of Realms dan informasi lainnya yang berhubungan, sedangkan group digunakan sebagai wadah para peserta berdiskusi satu sama lain. Kamu dapat mengakses fanpage Battle of Realms di sini, dan discussion group-nya di sini.

Lantas bagaimana caranya kita bisa memasukkan cerita setiap ronde yang sudah dibuat agar dapat ditampilkan di blog Battle of Realms ini? Kan peserta tidak memiliki hak akses ke blog secara langsung. Nah, berikut ini bakal saya kasih tahu cara mengirimkan entri peserta Battle of Realms 4: Afterlife ke blog. Disimak baik-baik ya, biar nggak terjadi kesalahan pada saat praktek.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka akun e-mail kamu. Bagi yang belum punya bisa bikin dulu. Alangkah baiknya kalau kamu menggunakan Gmail karena sudah terintegrasi langsung dengan Blogger sehingga proses pengiriman e-mail lebih terjamin keberhasilannya. Tapi, bukan berarti wajib pakai Gmail kok.

Kalau sudah membuka akun e-mail, langsung aja klik "Compose" atau "Compose Mail" atau "Tulis Surat", hingga tampil form pengiriman pesan elektronik di monitor PC/Laptop kamu. Contoh di bawah ini saya screenshot langsung pada akun Gmail saya. Untuk pengguna akun e-mail selain Gmail, silakan melakukan penyesuaian sendiri.



Berikut ini penjelasan poin demi poin dari gambar di atas. Harap diingat, cara ini hanya digunakan pada saat kalian hendak mengirimkan cerita di setiap ronde pertarungan Battle of Realms 4: Afterlife.
  1. Pada kotak "To" tuliskan alamat e-mail submisi entri langsung ke blog, yaitu: battleofrealms.id.submission@blogger.com. Pada kota "Cc" masukkan alamat e-mail resmi Battle of Realms: battleofrealms.id@gmail.com. Hal ini dilakukan demi keperluan back-up data bila seandainya e-mail yang kamu kirim gagal masuk ke blog kami. Bila hal tersebut terjadi, tentu saja Panitia akan segera menghubungi kamu dan juga mengposkan secara manual tulisan kamu dengan memanfaatkan back-up di e-mail tersebut..

  2. Kotak "Subject:" diisi dengan format seperti contoh di atas:
    Ex: [RONDE ke-N] Nama OC kamu - Sub-judul tulisan kamu

  3. Jangan lupa untuk mengawali tulisan di badan e-mail dengan menyebutkan nama kamu, supaya Panitia langsung bisa melakukan pendataan dan menampilkannya di blog secepat mungkin.

  4. Tuliskan isi cerita kalian (cerita utuh) setelahnya. Harap perhatikan susunan baris dan spasinya. Cobalah buat serapi mungkin agar tampilannya nanti terlihat lebih baik. Apa yang kamu tulis di badan e-mail, seperti itu pula tampilannya nanti di blog. Cobalah menjadi editor bagi dirimu sendiri.

  5. Nah, kalian bisa juga loh menyisipkan gambar di antara tulisan cerpen kalian. Pertama, letakkan kursor pada bagian di mana kamu mau menambahkan gambar. Lalu, klik icon "+" di bagian bawah form pengiriman e-mail, nantinya icon tersebut akan melebar secara otomatis menampilkan icon-icon lainnya. Klik icon "Insert Image" atau "Photos" dan kemudian upload gambar yang kamu mau.

Mudah banget kan? Akan menjadi lebih mantap lagi kalau kamu mau mengotak-atik fitur yang ada di form pengiriman e-mail kamu sendiri. Karena, belajar dengan cara coba-coba dan mengalami beberapa error sebelum akhirnya berhasil akan memantapkan pemahaman dan kemampuan kamu dalam memanafaatkan media tersebut. Kalau sudah, tinggal klik "Send" dan nanti Panitia akan melihat post yang sudah masuk di kumpulan draft blog, sedikit merapikannya sebelum kemudian menampilkannya di blog.

Selamat mengerahkan kemampuan bertarungmu!

- The Creator -

Share this article:

5 comments:

  1. ngirim cerita pake attachment, bukan di badan e-mail boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak boleh.

      Soalnya kalo kamu kirim pakai attachment, artinya saya harus download file, buka file, copy paste manual ke blog...

      sedangkan kalo kamu kirim dengan nulis di badan email, tulisan akan langsung masuk ke DRAFT blog ini dan saya tinggal klik "Publish" saja agar tampil... :) a lot more efective this way... mengingat bakalan banyak banget cerita yang masuk nantinya... :)

      Delete
  2. udah kukirim.. kl ada kesalahan kasi tau ya apa aja salahnya

    ReplyDelete
  3. wew, kalau naruh cerita langsung di badan email apa gak bakal kepanjangan? biasanya kan ada yang tulisannya sampai 9k words dan malah ada yang lebih

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar. Bagi yang tidak memiliki akun Gmail atau Open ID masih bisa meninggalkan komentar dengan cara menggunakan menu Name/URL. Masukkan nama kamu dan juga URL (misal URL Facebook kamu). Dilarang berkomentar dengan menggunakan Anonymous dan/atau dengan isi berupa promosi produk atau jasa, karena akan langsung dihapus oleh Admin.

- The Creator -