February 4, 2014

5 ALASAN KENAPA KAMU HARUS IKUT BATTLE OF REALMS


Battle of Realms (BOR) adalah ajang turnamen Original Character (OC) antar penulis se-Indonesia. Sebagaimana halnya sebuaha turnamen, berarti bakal ada banyak penulis yang terlibat sebagai peserta. Setiap penulis akan bertemu penulis lain dan bertarung menggunakan OC masing-masing. Ada beberapa syarat yang menjadi aturan main setiap babak dan juga batas waktu bagi peserta yang ditentukan oleh Panitia. Setiap babak akan berbeda aturan mainnya, begitu juga lawannya. Pemenang akan terus menanjak naik, berusaha keras menjadi Sang Juara, sedangkan yang kalah nasibnya tergantung dengan kebijakan Panitia nanti. Panitia selalu menyisipkan banyak kejutan di sepanjang turnamen agar selalu seru untuk diikuti.

Harap diperhatikan juga, berhubung turnamen ini dibuat khusus bagi para penulis, baik yang masih pemula, amatir maupun profesional, maka pertarungan di setiap babak dilakukan dengan menggunakan media tulisan. Yaitu, setiap peserta akan membuat cerita pertarungan versi OC mereka masing-masing, sedangkan penentuan pemenang akan ditentukan dengan nilai yang diberikan oleh sesama peserta (non-lawan di babak yang bersangkutan) dan juga pembaca.

Well, sebuah intro yang cukup panjang. Kalau kamu masih merasa BOR ini tidak menarik, tunggu dulu! Coba atur nafas kamu sejenak, kemudian lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai. Karena, saya baru aja mau menyampaikan 5 ALASAN KENAPA KAMU HARUS IKUT BATTLE OF REALMS. Apa aja kelima alasan tersebut? Nih, saya kasih tahu semuanya satu per satu.

1 MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS
BOR ada untuk semua kalangan, lebih tepatnya ajang ini benar-benar tidak mempedulikan latar belakang kepenulisan pesertanya, apakah kamu orang yang baru saja mulai menulis, apakah kamu sudah banyak memiliki prestasi di bidang kepenulisan, atau kamu sudah menerbitkan puluhan buku bertaraf internasional. We don't care! Semua peserta akan diperlakukan setara. BOR bukanlah pertandingan menulis yang selesai dalam satu babak saja, tapi akan ada banyak babak (terlebih bila kamu menang) dengan tantangan yang berbeda-beda. Hal ini akan mendorong kamu untuk menulis lebih sering, yang mana hal ini dapat memicu perkembangan kemampuan menulis kalian, baik disadari maupun tidak.

2 MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN SPORTIVITAS
Berbagai macam aturan dan tantangan dalam setiap babak pertarungan BOR akan memancing kreativitas kamu untuk membuat sebuah cerita seru yang dapat menarik perhatian banyak pembaca dan fans terhadap OC yang kamu ciptakan. Selain itu, keputusan menang dan kalah setelah kamu mengerahkan segala kemampuan untuk menyelesaikan suatu babak juga bisa melatih mental dan sikap sportif.

3 MELATIH KEDISIPLINAN, KETEKUNAN, TANGGUNG JAWAB, DAN KOMITMEN
Setiap babak BOR menerapkan sistem deadline yang ditentukan oleh Panitia. Biasanya sih antara dua sampai empat minggu. Ini akan mendorong kamu untuk menulis sebaik-baiknya sesuai tenggat waktu yang sudah ditentukan, yang mana kalian akan terbiasa dengan manajemen waktu. Kalau nggak bisa menyelesaikan tepat pada waktunya, kamu harus bisa menerima konsekuensinya, shame on you! Tapi, tenang aja. Justru dengan adanya hal-hal seperti ini, mental kalian pun akan terbentuk. Mental ngelawan penulis lain yang mungkin lebih profesional daripada kamu, mental dalam berpacu dengan waktu, dan mental menghadapi kekalahan. Yap, ujung-ujungnya kamu juga bisa meningkatkan sikap tanggung jawab dan berkomitmen dalam menyelesaikan sesuatu yang sudah kalian mulai.

4 MENUMBUHKAN SUASANA KOMPETITIF YANG SEHAT DAN PENUH MOTIVASI
Semua peserta memiliki tujuan akhir yang sama, berusaha menjadi Sang Juara. Tapi, yang unik di BOR adalah, sekalipun para peserta jelas-jelas sedang bersaing, namun hubungannya dengan peserta lain sangatlah solid. Terlihat dari aktifitas mereka di grup Facebook resmi BOR yang sering sekali saling sharing, bercanda, bahkan memberikan saran dan kritik yang membangun. Beberapa peserta yang profesional seringkali terlihat lebih aktif menulis dan menggarap projects pribadi mereka di luar BOR. Keaktifan mereka itu bisa dijadikan motivasi agar kita bisa berkarya juga seperti mereka. Sekali lagi saya bilang, walaupun latar belakang para penulis yang jaid peserta BOR sangat beragam, latar belakang tersebut nggak bakalan jadi tolok ukur dalam menilai siapa yang menjadi pemenang. Semua peserta memiliki kans yang sama untuk menang.

5 NETWORKING SESAMA PENULIS DAN PASTINYA MENAMBAH BANYAK TEMAN
Apa sih yang bisa kita lakukan tanpa adanya teman? Nah, kalau mau jadi penulis handal, kita juga butuh teman-teman yang senantiasa berbagi dan mendukung usaha kita dalam meraih cita-cita tersebut bukan? Yak, seperti yang sebelumnya dibilang, semua peserta BOR sangat humble dan enak diajak berdiskusi. Latar belakang mereka pun beragam, sehingga apabila kalian ada keperluan di bidang yang lain, bisa jadi mendapatkan koneksi dari BOR juga. Paling utama sebenarnya adalah bagaimana kita bisa saling menghargai dan menghormati sesama peserta BOR. Hal ini akan meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi, bersosialisasi, dan juga menonjolkan kepribadian menyenangkan kita yang nantinya akan sangat berguna di masa depan.

Nah, itulah kira-kira kelima alasan yang membuat kamu harus ikutan BOR. Syarat utama untuk bisa menjadi seorang penulis memang menulis, tapi sebenarnya ada banyak faktor lain yang menentukan hal tersebut. Lewat turnamen BOR ini, semua hal di bidang kepenulisan dan lain-lain yang melingkupinya terbahas lengkap di sini. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan menjadi suatu sosok yang benar-benar berbeda dan lebih baik dari sebelumnya setelah menyelesaikan permainan kalian di ajang ini.

Battle of Realms 4: Afterlife, akan segera dihelat pada tanggal 1 Maret 2014. Ayo persiapkan dirimu dan juga OC ciptaanmu sebaik-baiknya.

Share this article:

2 comments:

Silakan meninggalkan komentar. Bagi yang tidak memiliki akun Gmail atau Open ID masih bisa meninggalkan komentar dengan cara menggunakan menu Name/URL. Masukkan nama kamu dan juga URL (misal URL Facebook kamu). Dilarang berkomentar dengan menggunakan Anonymous dan/atau dengan isi berupa promosi produk atau jasa, karena akan langsung dihapus oleh Admin.

- The Creator -