February 6, 2014

5 PERSIAPAN SEBELUM MENGIKUTI TURNAMEN BATTLE OF REALMS


Beda dengan ajang kepenulisan lainnya, Battle of Realms (BOR) menggunakan rentang waktu yang cukup panjang dan juga sistem yang lebih kompleks dalam pelaksanaannya. Tentu masalah ini menjadi pertimbangan utama bagi para calon peserta sebelum memutuskan untuk ikut atau tidak. Bila kita melihat BOR di season-season sebelumnya, lama keseluruhan turnamen sekitar sembilan hingga sebelas bulan, dengan pemberian beberapa jeda waktu untuk beristirahat antar-babak dan juga istirahat penuh pada bulan November untuk menghargai para peserta yang mungkin ingin mengerjakan proyek novel pribadi mereka dalam ajang kepenulisan National November Writing Month (NaNoWriMo).

Nah, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh calon peserta sebelum turnamen sesungguhnya dimulai. Apa aja ya kira-kira? Saya bakal coba kasih tahu 5 HAL YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM MENGIKUTI TURNAMEN BATTLE OF REALMS,  Yuk, kita check it out!

1 PERSIAPKAN KOMITMEN DAN TIME MANAGEMENT
Seperti yang udah dibilang sebelumnya, BOR adalah ajang kepenulisan yang cukup panjang. Karena ada beberapa babak turnamen yang harus dilalui oleh setiap peserta, kemenangan pada satu babak artinya harus menghadapi pertarungan lain di babak berikutnya. Kekalahan pun tidak berarti berhenti menulis saat itu juga, ingat Panitia mempunyai segudang kejutan yang bakal bikin turnamen ini berjalan dengan seru. Komitmen adalah mutlak, karena BOR tidak ingin memasukkan peserta yang semangatnya hanya sampai di tengah jalan saja. Semangat ini tidak hanya berkaitan dengan proses penulisan, tapi juga semangat untuk saling memotivasi antar-peserta dan juga semangat untuk membaca dan memberikan komentar pada karya tulisan lawan-lawan di BOR nanti. Semua orang tentunya juga memiliki kegiatan lain selain BOR, untuk itu calon peserta diharapkan mampu mengatur waktunya dengan baik agar tidak ada satu pun pekerjaan yang terbengkalai (begitu juga dengan BOR).

2 LIKE FANPAGE RESMI BATTLE OF REALMS
Ini adalah hal mutlak yang harus calon peserta lakukan sebelum ikut BOR. Karena segala hal mengenai update, tantangan terbaru, keterangan babak, penentuan lawan dan syarat pertarungan akan dilberikan lewat timeline di FanPage tersebut. Jadi, pastikan setelah melakukan "Like", kamu juga mengatur setting agar secara otomatis menerima notifikasi khusus dari FanPage tersebut. Di bawah ini adalah cara setting-nya:


Caranya:
  1. Klik button "Like" di FanPage Battle of Realms hingga berubah menjadi "Liked".
  2. Tahan kursor di button tersebut, tunggu sesaat hingga menu muncul di bagian bawah.
  3. Klik "Get Notifications" dan selesai. Kamu akan mendapatkan notifikasi setiap kali admin FanPage melakukan update di sana.
Selanjutnya, tinggal menunjukkan keaktifan dan kehadiran kalian di sana dengan cara rajin melakukan "share", "like", dan juga "comment" pada setiap post-nya. Selain untuk membuat banyak orang aware dengan keberadaan BOR, juga untuk membangun personal branding kamu. Akibatnya, penikmat cerita versi kamu akan meningkat.

3 BERGABUNG KE DALAM GRUP BATTLE OF REALMS
Pada BOR season-season sebelumnya, fungsi grup ada dua, yaitu sebagai media pemberian informasi turnamen dan sebagai media berdiskusi antar peserta. Khusus untuk BOR 4, fungsu grup hanya sebagai media diskusi antar-peserta. Kamu bebas melakukan apa saja di dalamnya, mulai dari melakukan sharing info mengenai dunia kepenulisan dan artwork, meminta saran, berdiskusi mengenai suatu isu, membicarakan rancangan pertarungan di setiap babak, dan sebagainya. Pokoknya apapun yang nantinya bisa menjadi motivasi kamu dalam menjalani BOR dan juga menambah teman. Sekali lagi agar diingat, informasi yang sifatnya official mengenai jalannya BOR, HANYA AKAN diberitahukan lewat media FanPage. Silakan request join ke grup BOR.

4 BUAT E-MAIL (BILA BELUM PUNYA)
BOR 4 akan menggunakan media blog (blog yang sedang kamu lihat ini). Dalam pelaksanaannya nanti, setiap peserta membuat cerpen yang bersesuaian dengan syarat pertarungan yang sudah diberikan Panitia, hasilnya dicopy-paste ke badan e-mail kalian dan dikirim ke e-mail Panitia. Intormasi lebih lanjut mengenai hal ini akan dibahas pada postingan khusus. Disarankan kalian menggunakan akun Gmail, karena sudah terbukti mampu mendukung sistem dengan baik.

5 RANCANG ORIGINAL CHARACTER (OC) DAN CIPTAKAN FANBASE UNTUK KARAKTERMU
Well, untuk poin terakhir ini biasanya memang dilakukan saat BOR sudah dimulai. Tapi, kamu bisa melakukan start-up sejak awal loh. Mulailah dengan mempersiapkan sebaik-baiknya OC yang akan kamu gunakan. Aturan BOR 4, satu calon peserta hanya boleh mendaftarkan satu OC saja, tapi dalam perencanaan memang sebaiknya kalian menyiapkan beberapa cadangan agar bisa menyesuaikan dengan segala keadaan saat BOR dibuka nanti. Sedangkan dalam membangun fanbase karakter, nggak perlu sampai membuat FanPage pribadi, cukup dengan berperan aktif di FanPage BOR, Grup, dan bahkan wall profile kamu sendiri. Sering-seringlah berpromosi dan jangan lupa kasih tahu ke teman-teman kamu kalo kamu sedang mengikuti ajang turnamen paling seru sejagat raya. Bisa juga dengan meng-invite teman-teman kamu yang suka membaca atau menulis ke FanPage BOR.


Keaktifan akan membuat dirimu "terlihat", bila dibarengi dengan komitmen yang kuat, fanbase akan terbentuk dengan sendirinya loh.

Nah, itulah 5 hal terpenting yang sebaiknya kamu lakukan dan persiapkan sebelum turnamen BOR resmi dibuka Maret 2014 mendatang. Supaya kamu nggak ketinggalan berita dan selalu termotivasi untuk menjadi sang juara BOR sejati. Sampai ketemu di artikel-artikel selanjutnya.

Share this article:

2 comments:

Silakan meninggalkan komentar. Bagi yang tidak memiliki akun Gmail atau Open ID masih bisa meninggalkan komentar dengan cara menggunakan menu Name/URL. Masukkan nama kamu dan juga URL (misal URL Facebook kamu). Dilarang berkomentar dengan menggunakan Anonymous dan/atau dengan isi berupa promosi produk atau jasa, karena akan langsung dihapus oleh Admin.

- The Creator -